Gelorakan Gerakan Mahasiswa untuk Trisakti

MANADO – Persatuan nasional harus terus dijaga dan mahasiswa menjadi garda terdepan menjaga kesatuan bangsa dari menguatnya politik identitas serta ancaman perpecahan.

Penegasan itu disampaikan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Wandy Nicodemus Tuturoong saat menghadiri pembukaan Kongres ke-7 Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) di Manado, Kamis, 27 April 2017.

“Harapan besar menjaga persatuan bangsa ada pada mahasiswa, karena actor-aktor politik lain terlibat mempertajam perbedaan ini untuk kepentingan Pilkada, dan mungkin saja terjadi kembali pada Pilpres 2019 mendatang,” kata pria yang akrab disapa Binyo itu.

Binyo menekankan, mahasiswa perlu mendukung program pemerataan yang digaungkan pemerintah, terutama reforma agraria dan perhutanan sosial. “Karena dengan memberikan aset pada rakyat terutama tanah, maka akar ketimpangan akan teratasi,” ungkapnya.

Kongres LMND di Hotel Gran Puri Manado dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandow yang juga berbicara pentingnya antisipasi menghadapi ancaman radikalisme dan primordialisme.

Kongres kali ini mengusung tema ‘Menggelorakan Kembali Gerakan Mahasiswa untuk Memenangkan Trisakti’. “Kita gelorakan kembali gerakan mahasiswa yang punya sejarah panjang dalam menyikapi persoalan-persoalan kebangsaan,” kata Ketua Umum LMND Vivin Sri Wahyuni

Mahasiswi progam Kajian Pengembangan Perkotaan PascaSarjana Universitas Indonesia itu menegaskan, semangat gerakan mahasiswa dalam menyikapi persoalan kebangsaan saat ini kian mengalami penurunan. “Ini dibuktikan dengan melemahnya analisa, kritik, dan tuntutan solusi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa dan negara,” ungkap Vivin.

LMND merupakan organisasi mahasiswa yang didirikan bersamaan dengan gelombang perjuangan pra dan pasca Reformasi 1998. Sebagai organisasi yang progresif, LMND konsisten memosisikan diri sebagai wadah gerakan untuk memperjuangkan pergantian tatanan bangsa yang lebih demokratis, humanis dan ekologis sesuai azas perjuangan Pancasila.

 

Sumber: http://ksp.go.id/gelorakan-gerakan-mahasiswa-untuk-trisakti/

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*