Hidupkan Kembali Diskursus Pancasila Dikalangan Millennial, LMND DKI Jakarta Gelar Dialog Publik

Foto Dialog publik yang sedang berlangsung

LMND.or.id- Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Eksekutif Wilayah DKI – Jakarta menggelar dialog publik untuk kembali menghidupkan diskursus pancasila di tengah-tengah kalangan millennial dengan mengangangkat tema Millennial Bicara Pancasila di studio sang akar tebet dalam pada hari sabtu (30/3/2019). Diskusi ini berlangsung bertepatan dengan hari debat ke IV calon presiden pada pemilu 2019.

Dalam pemaparannya Roy Septa Abimanyu sebagai salah satu narasumber menjabarkan bahwa tataran ideologi dalam pancasila harus dijadikan sebagai landasan atau patokan dalam penyusunan  kebijakan, program kerja yang dilakukan oleh pemerintah. artinya pengambilan setiap keputusan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi bangsa dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Namun pelaksanaan kebijakan harus juga memperhatikan kondisi ekonomi politik global dan kondisi masyarakat. Pancasila harus di terapkan dalam semua sektor kehidupan dan benar-benar dipraktekan bukan hanya di klaim oleh penyelenggara pemerintahan tetapi tidak dirasakan sepenuhnya oleh rakyat. Dalam sektor pendidikan pengelolaan pendidikan harus mampu menjawab tantangan perkembangan dunia industri dengan merevisi kurikulum pendidikan sehingga tamatan perguruan tinggi,SMA/SMK bisa diserap oleh dunia industri untuk bisa mengurangi tingkat pengangguran yang hari ini terus menerus diperbaiki oleh pemerintah.

Sementara Pius Ginting mengkritisi kebijakan pembangunan pemerintah yang mengabaikan faktor lingkungan. Hal ini bisa dilihat banyaknya konflik agraria yang terjadi dimasyarakat yang disebabkan pembangunan industri yang semakin hari semakin pesat dan membuat masyarakat menengah kebawah yang kehidupan bergantung dari penghasilan sebagai petani makin hari makin kehilangan tanah garapannya. Sejak kapitalisme menjadi pemenang pada perang dingin di akhir tahun 1980 maka perkembangan industri sudah susah dikontrol oleh negara. Negara tidak lagi memiliki otoritas menekan pasar tetapi memberikan kebebasan. Dengan kebebasan ini industri berkembang pesat yang menyebabkan kestabilan lingkungan menjadi terganggu. Indikatornya misalnya emisi karbon sebagai salah satu sumber pemanasan global naik sejak kapitalisme global menguasai belahan bumi dengan watak eksploitatif dan akumulatif untuk mendapatkan nilai lebih mempengaruhi kestabilan lingkungan.

Semua negara belahan dunia hari ini lagi mencanangkan pembangunan berwawasan lingkungan serta mengembangkan energi baru dan terbarukan untuk mengurangi pemanasan global.

Diakhir pemaparan Ismaun Ismail selaku ketua LMND DKI Jakarta menyampaikan bahwa pancasila harus menjadi diskursus kalangan millennial didalam lingkungan kampus serta mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan hanya menjadi hafalan dan dipajang sebagai atribut saja tetapi generasi millennial hari ini harus menjadikan pancasila sebagai pedoman hidupnya serta menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. LMND sudah melakukan kampanye-kampanye terbuka lewat aksi massa serta mengadvokasi rakyat tertindas dengan selalu mengangkat isu Menangkan Pancasila. Semoga seluruh elemen gerakan baik ekstra maupun intra fokus bisa menjalin diskusi-diskusi lintas gerakan untuk membahas pancasila dan perkembangan situasi nasional sekarang.

Diakhir dialog panitia dan narasumber foto bersama. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa organisasi eksternal dan internal kampus.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*