Peringati Hari HAM, LMND Buol Gelar Aksi Demonstrasi

LMND.or.id,Buol- Memperingati hari HAM tahun ini, LMND kabupaten Buol melakukan aksi pada hari senin 11 desember 2017  mulai dari pukul 09.00 WITA sampai dengan selesai, massa aksi bergerak dari desa Boilan menuju ke Kantor Bupati,  massa aksi LMND dan masyarakat yang tergabung dalam Posko Pancasila ini berjumlah 200 orang menyambangi kantor bupati kabupaten Buol untuk menyampaikan tuntutan-tuntutan terutama soal keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan konflik agraria dan pelanggaran HAM (ramadhan berdarah) yang terjadi pada tahun 2010 silam.

Samsul bahri yang merupakan korlap aksi dalam orasi politiknya menegaskan “pemerintah daerah harus sesegera mungkin menghentikan dan menindaki penyerobotan tanah yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, serta menyelesaikan konflik agraria khususnya program pemerintah daerah  TAURAT(tanah untuk rakyat) yang kini dikuasai PT. HIP sebanyak 10.000Ha”.

Pada kesempatan yang sama orasi ketua kota LMND Buol Dhimansur Lewa  menegaskan kepemilikan tanah lahan usaha 2(LU2) dimiliki warga transmigrasi di desa boilan dan maniala dalam hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikat kepemilikan tanah dan dokumen pembayaran hinnga tanun 2017 kemudian warga transmigrasi dipindah dari daerah jawa ke Buol Toli-toli pada tahun 1982 berdasarkan aturan kementrian bukan semata karena kemauan masyarakat sendiri dan bahkan pemberian lahan kepada mereka adalah merupakan pesetujuan pemerintah daerah yang pada awalnya berstatus hak pakai setelah tahun 1991 berubah menjadi hak milik”. Momentum Hari HAM ini mendesak kepada pemerintah daerah dan pusat untuk segera menyelesaikan persoalan-persoalan agraria dan kekerasan terhadap gerakan mahasiswa dan rakyat tegasnya dalam menutup orasinya.

Massa aksi disambut oleh asisten 1 selaku perwakilan bupati dan keppala badan pertanahaan kab. Buol. Aksi akan dilanjutkan hari selasa 12 desember 2017  dikantor Bappeda bersama dinas terkait, pemerintah desa, tokoh masyarakat desa boilan dan maniala serta perwakilan dari LMND.

Diakhir penyelenggaraan aksi ini, Kordinator lapangan membacakan tuntutan aksi antara lain sebagai berikut :

  1. Tuntaskan pelanggaran HAM (Ramadhan Berdarah) di kab. Buol
  2. Hentikan perampasan tanah
  3. Kembalikan tanah rakyat yang dikuasai investor
  4. Hentikan diskriminasi warga transmigrasi dgn isu SARA
  5. Selesaikan konflik agraria didesa boilan dan maniala
  6. Laksanakan pasal 33 UUD 1945
  7. Hentikan imoerialisme

Editor : Bung Pram

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*