LMND.or.id,Palu- Tepat pada tanggal 11 Desember merupakan peringatan Hari Hak Asasi Manusia Internasional, setiap tahunnya kita memperingati momen ini. Mulai dari bicara soal sejarah HAM itu sendiri sampai dengan menyuarakan tuntutan-tuntutan dan kritikan kepada pemerintah. Namun hingga saat ini penuntasan soal kasus HAM tak pernah mendapatkan ujungnya.

Maka dari itu LMND kota palu kembali melakukan aksi dalam memperingati hari HAM tahun 2017 ini. Aksi mimbar bebas dan teatrikal ini dilakukan dianjungan nusantara kota palu mulai pukul 16.00-17.30 WITA. aksi kali ini dipimpin oleh kawan Sandi(korlap), massa aksi berjumlah 30 orang. Dalam aksi ini kawan-kawan LMND palu melakukan aksi teatrikal dan pembacaan puisi yang berisi soal kritikan-kritikan terhadap pemerintah saat ini yang dinilai tak memiliki keseriusan dalam menuntaskan pelanggaran-pelanggaran HAM di negeri ini.

Dalam orasinya Ketua Kota Palu menegaskan “Merujuk  pada data  KOMNAS HAM  pada tahun 2017 pengaduan pelanggaran HAM sampai dibulan agustus yaitu berjumlah 602 berkas pelaporan pelanggaran HAM, ini merupakan angka fantastik, dan kebanyakan dari laporan tersebut merupakan laporan pengaduan pelanggaran Hak atas Kesejahteraan termasuk didalamnya adalah Hak untuk memililiki tanah dan tempat tinggal. Ini merupakan satu bukti kegagalan pemerintah dalam menjalankan amanat  Pasal 33 UUD 1945 ayat 3 yang berbunyi; Bumi air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dan sangat jelas bahwa ini adalah pengkhianatan terhadap amanat PANCASILA sebagai ideologi bangsa kita”.

Orasi penutup dari korlap “ dimomentum peringatan hari HAM kali ini,kami dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kota Palu. Mari sama- sama kita  Menangkan Pancasila, untuk menegakkan Hak Asasi Manusia dan dilanjutkan dengan pembacaan tuntutan sebagai berikut :

  1. Mendesak Jokowi – JK segera menuntaskan pelanggaran HAM.
  2. Menangkan Pancasila dalam menegakkan HAM untuk mewujudkan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.
  3. Hentikkan Komersialisasi pendidikan sebagai Hak dasar rakyat memperoleh pendidikan.
  4. Laksanakan pasal 33 UUD 1945 untuk menjamin Hak berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Editor : Bung Pram

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*