Foto Saat Audiensi Bersama Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo

LMND.or.id– Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan kunjungan audiensi bersama Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum LMND Muhammad Asrul menyampaikan pandangan LMND terkait perkembangan situasi internasional maupun nasional. Menurutnya, konflik antara Rusia dan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir berpotensi memicu terjadinya resesi ekonomi global.

“Ekonomi global masih tertatih-tatih untuk tumbuh akibat tekanan Pandemi Covid-19, dunia kemudian dihadapkan dengan konflik antara Rusia dan Ukraina, yang dampaknya telah menyebabkan krisis energi dan pangan serta memicu kenaikan suku bunga yang signifikan secara bersamaan untuk menekan tingkat inflasi di banyak negara,” kata Asrul.

Oleh karena itu, dalam menghadapi ancaman resesi global, Asrul mendorong persatuan nasional dan mengingatkan agar pemerintah memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk membangun kedaulatan dalam berbagai aspek. Pasalnya, sebelumnya pemerintah telah menaikan BBM sebagai efek dari perang antara Rusia dan Ukraina yang dampaknya telah membuat rakyat semakin tertekan dan menderita.

“Ancaman resesi global ada di depan mata. Persatuan nasional dan penguatan basis ekonomi rakyat dalam situasi sekarang adalah hal yang utama,” tegas Asrul.

Lebih lanjut, ia menyampaikan situasi pendidikan nasional dan keadaan mahasiswa pasca kenaikan harga BBM. Menurutnya, selain masyarakat kecil yang terdampak akibat kenaikan BBM, juga sektor mahasiswa yang semakin kesulitan untuk membiayai mahalnya biaya pendidikan.

“Dengan naiknya BBM semakin mempersulit keadaan mahasiswa. Biaya pendidikan sangat mahal, biaya kontrakan juga meningkat apalagi kebutuhan yang lainnya. Dengan demikian, perlu adanya satu kebijakan pemerintah yang berpihak kepada mahasiswa sehingga dapat mengurangi beban mereka,” ungkap Asrul.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Asrul juga menyampaikan agenda yang akan dilakukan LMND ke depan. Diantaranya adalah Pendidikan dan Pelatihan Fasilitator organisasi, Rembuk Nasional Alumni LMND dan Pelaksanaan Kongres LMND yang akan dilaksanakan di Makassar.

Penulis : Ando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*