LMND.or.id- Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Kota Bau-bau (EK-LMND Bau-bau) melakukan kegiatan peduli kemanusiaan dengan membagikan 100 paket sembako kepada para kaum dhuafa yang masih beraktivitas di tengah wabah Covid-19 karena tuntutan kebutuhan dan keberlangsungan hidup mereka. Kegiatan amal ini dilaksanakan di Kota Bau-bau, Sulawesi tenggara, Kamis (09/04/2020).

Ketua LMND Kota Bau-bau Jasmin mengatakan bahwa pembagian 100 paket sembako kepada masyarakat sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat ditengah mewabahnya virus Corona. Sejak Menteri Kesehatan mengeluarkan Permenkes Nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman PSBB yang merupakan kelanjutan dari Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penanganan Corona virus, yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah, tidak beraktivitas bekerumun diluar rumah, termasuk mengurangi aktivitas telah melumpuhkan perekonomian masyarakat, ungkap Jasmin.

Lebih lanjut, Jasmin mengungkapkan bahwa dengan pelaksanaan aturan tersebut, bagi masyarakat yang mengandalkan kerja harian untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sangat kesulitan untuk mendapatkan pemasukan. Dia menyampaikan pembatasan aktivitas masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus, namun tidak didukung dengan bantuan penyaluran kebutuhan pokok terhadap rakyat miskin telah menyebabkan penderitaan yang berlipat ganda kepada mereka.

“Sampai saat ini pemerintah, khususnya Pemkot Bau-bau belum mengeluarkan kebijakan jaminan kebutuhan pokok kaum dhuafa,” pungkas Jasmin.

Atas keadaan yang melanda para kaum dhuafa tersebut, LMND Kota Bau-bau berinisiatif untuk meringankan beban mereka dengan membagikan paket sembako. Hal ini, menurut Jasmin, sebagai bentuk kepedulian sosial LMND terhadap keadaan masyarakat miskin.

“Masyarakat kaum Duafa, harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah, agar mereka bisa seperti masyarakat lainnya, Tetap dirumah, namun kebutuhan dapurnya tetap terpenuhi,” ungkap Jasmin.

Selain itu, Jasmin mendorong kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bau-bau untuk saling membantu antar sesama warga dalam menghadapi keadaan yang begitu sulit ini. Ditengah wabah Covid-19, menurutnya, kebersamaan dan dukungan antar sesama perlu ditingkatkan agar memberikan kekuatan dan menumbuhkan kepercayaan di tiap-tiap rakyat.

Editor: Esken

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*