LMND Lhokseumawe Desak Pemerintah Aceh Ambil Alih Blok- B Migas Aceh

Foto saat aksi LMND sedang berlangsung

Lmnd.or.id- Sebagai organisasi progressif yang berada di garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat, Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK-LMND) Kota Lhokseumawe melakukan aksi demonstrasi di Lhokseumawe, Nangroe Aceh Darussalam, Rabu (08/01/2020).

Koordinator aksi demonstrasi Fazar dalam orasi ilmiahnya mengatakan bahwa gerakan yang terjadi merupakan protes atas segala bentuk kapitalisasi terhadap sumber daya alam, khususnya Blok-B Migas Aceh. Dia mengungkapkan kapitalisasi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) oleh pihak swasta selama ini telah merugikan pemerintah dan masyarakat Aceh.

“Ini protes kita atas kapitalisasi sumber daya alam Aceh, dan hal ini merugikan pemerintah dan rakyat Aceh,” kata Fazar.

Selain itu, Fajar juga menambahkan bahwa Perseroan Terbatas Pertamina Hulu Energi (PT-PHE) yang mengelola kekayaan Aceh dalam sektor migas hanya memberikan keuntungan sekitar 15 persen untuk Daerah. Olehnya itu, kita mendorong dan mendesak kepada pemerintah Aceh untuk mengambil alih pengelolaan Blok-B Migas sepenuhnya. Dia juga menawarkan konsep pengambilan hasil pemerintah Aceh dengan skema “cost Recovery” untuk meningkatkan pemasukan bagi daerah.

Di lokasi yang sama, salah seorang massa aksi yang lain atas nama Marta Beruh dalam orasi politiknya mendesak kepada pemerintah Aceh untuk fokus dan serius dalam pengambil alihan Blok-B migas Aceh dari pengelola sebelumnya.

“Pemda Aceh harus konsen pada pengelolaan sumber daya alam sepenuhnya,” ungkap Marta.

Selain mendesak Pemda Aceh, sekjend Wilayah LMND Aceh ini, juga mendesak kepada kementerian ESDM untuk segera mengeluarkan regulasi konkret terkait proses peralihan Blok-B migas Aceh kepada pemerintah Aceh.

Dalam pasal 33 UUD 1945 secara tegas menyatakan bahwa pengelolaan sumber daya alam dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Dasar inilah yang seharusnya menjadi landasan dalam memanfaatkan dan mengelola kekayaan alam kita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan, kemakmuran dan kemerataan pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Penulis : Samsudin
Editor : Samsudin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.