Relawan Posko LMND Peduli Sulawesi Barat Saat Mendistribusikan Bantuan di Desa Salutahongan, Kecamatan Malunda, Minggu (24/01)

LMND.or.id– Posko LMND Peduli Sulawesi Barat menjadi tempat sentral penggalangan logistik sekaligus sebagai relawan penyaluran bantuan bagi korban gempa Mamuju dan Majene.

Koordinator Posko LMND Peduli Sulawesi Barat Yunus Bonggapailin mengatakan bahwa bantuan yang dikumpulkan melalui Posko LMND akan difokuskan penyalurannya kepada korban yang belum tersentuh sama sekali dan akses lokasi yang sulit terjangkau. Menurutnya, hingga saat ini masih banyak korban gempa yang belum mendapatkan bantuan sebab medannya yang cukup sulit dan menuju pedalaman.

“Donasi yang terkumpul di Posko LMND Peduli akan fokus penyalurannya kepada korban yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. Masih banyak warga yang belum dapat bantuan karena lokasinya yang sulit,” kata Yunus melalui Via What’s Up, Selasa (26/01/2021).

Lebih lanjut, Yunus menyampaikan bahwa LMND membentuk posko induk di Majene dan tiga posko cadangan di tiga kecamatan, yakni Ulumanda, Malunda dan Tappalang untuk memudahkan koordinasi dalam penyaluran bantuan. Pembangunan posko cadangan di tiga kecamatan tersebut merupakan lokasi yang cukup parah akibat bencana gempa.

“LMND membangun Posko Induk di Kota Majene dan posko cadangan di 3 kecamatan. Posko induk akan menjadi sentral penggalangan logistik dan posko cadangan menjadi lokasi pendistribusian bantuan agar tepat sasaran dan mampu menjangkau korban bencana,” ungkap Yunus.

Lebih lanjut, ketua LMND Majene ini mengungkapkan bahwa donasi yang terkumpul melalui Posko LMND Peduli sebanyak Rp 33.855.000. Donasi ini merupakan hasil penggalangan dana bersama aliansi maupun sumbangan dari kawan-kawan internal LMND.

“Selain bantuan donasi berupa uang, ada juga bantuan logistik dari kawan-kawan LMND dari Palu, Pare-pare, Polman dan Mamasa yang datang langsung ke posko induk di Majene, ” kata Yunus.

Yunus menyatakan bahwa hingga tanggal (25/01) Posko LMND Peduli telah mendistribusikan bantuan kepada korban bencana dan menjangkau 2 kecamatan yakni Tappalang dan Malunda.

“Posko LMND Peduli sudah salurkan bantuan kepada korban di 2 kecamatan, Tappalang dan Malunda. Tinggal satu kecamatan lagi yang belum kita jangkau, yaitu Ulumanda. Di kecamatan Ulumanda kita sudah lihat dan akan fokus pendistribusian di desa Panggalo, Ulumanda, Pupenga dan Tandialo,” tutur Yunus.

Terakhir, Yunus mengungkapkan bahwa masyarakat yang terdampak bencana masih sangat membutuhkan bantuan untuk mengurangi beban dan derita mereka. Selain bantuan logistik, para korban juga membutuhkan pendampingan terutama anak-anak yang trauma akibat bencana yang terjadi sehingga tidak berdampak psikologis bagi mereka.

Penulis : Samsudin

Editor : ando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*