Menumbuhkan Semangat Menulis, EN-LMND Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik

Foto bersama antara pemateri dan peserta pelatihan jurnalistik

LMND.or.id- Menulis adalah keabadian. Mengabadikan peristiwa-peristiwa yang terjadi masa kini baik bersentuhan dengan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Juga, realitas ekonomi-politik dan sosial-budaya masyarakat. Selain, mewartakan kepada masyarakat masa kini juga untuk generasi yang akan datang tentang sejarah perkembangan bangsanya. Hanya dengan cara menulislah maka akan bersentuhan dengan masa depan.

Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) melalui Departemen Pendidikan dan Kaderisasi (DPK) kembali melaksanakan Pelatihan Jurnalistik tahap II di kantor LMND, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (05/01/2020)

Mengawali kegiatan pelatihan ini, Koordinator DPK La Jeri kembali menegaskan bahwa pelatihan jurnalistik merupakan salah satu program kerja mingguan dari EN-LMND dengan tujuan agar menumbuhkan semangat dalam hal menulis sekaligus nantinya akan memberikan informasi yang mencerahkan kepada masyarakat yang berbasis fakta objektif.

“Ini program reguler kita, yang akan kita laksanakan tiap minggu. harapannya, kegiatan semacam ini bisa tumbuhkan semangat dalam hal menulis juga dapat berikan penerangan informasi kepada masyarakat dengan objektif”, kata La Jeri.

Pelatihan jurnalistik akhir pekan ini diikuti oleh pengurus EN-LMND, anggota LMND DKI Jakarta dan beberapa mahasiswa dari kampus di jakarta. Adapun yang menjadi narasumber dari kegiatan ini adalah seorang jurnalistik yang handal, cantik, murah senyum, juga seorang penulis buku. Dia adalah Mba Dewi Nova.

Penulis buku “Perempuan Kopi” ini menjelaskan bahwa peralihan zaman dari media cetak ke media online merupakan sebuah fakta yang tidak bisa dihindari seiring dengan kebutuhan zaman dan perkembangan teknologi. Dengan menjamurnya media online seperti saat ini akan memudahkan masyarakat mengakses informasi sekaligus etika pertanggungjawaban publik dari penulis harus tinggi.

“Dunia media cepat berubah, dari media cetak ke media online. Ini bagus untuk mudahkan masyarakat dalam mendapat informasi. Namun, dengan gitu etika publik harus diutamakan”, kata Mba Dewi.

Menurut Dewi Nova, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) sebagai organisasi mahasiswa dan pemuda yang progresif harus hadir memberikan berita atau informasi yang objektif kepada masyarakat, menyajikan berita yang mengusung dan berpijak pada suara-suara rakyat kecil serta tidak berpihak pada kepentingan elit. Dan beliau menyayangkan banyak media-media hari ini cenderung membela kepentingan elit politik dan melupakan masyarakat kecil.

“LMND ini, harus hadir berikan informasi objektif kepada masyarakat, berpihak pada rakyat kecil. saya sedih juga kok, banyak media cenderung bela elit politik ketimbang rakyat kecil”, Ungkap Dewi Nova.

Menurutnya, bahwa dengan hadirnya website lmnd.or.id harus dimaksimalkan sebagai alat yang efektif untuk memberikan pencerarahan publik kepada masyarakat.

Melihat alam demokrasi yang sangat liberal maka sudah sepantasnya Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi harus turut andil dalam menyuarakan hak rakyat melalui media sosial demi terwujudnya kesejahteraan.

Penulis : Samsudin
Editor : Samsudin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.