Foto Pendidikan Dasar Organisasi (PDO) sedang berlangsung

Eksekutif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Daerah Istimewah Yogyakarta (EW LMND_DIY), mengadakan pendidikan dasar organisasi (PDO) di Taman Legawon, Kotagede, Yogyakarta, pada 28 – 29 Desember 2019. Pendidikan dasar organisasi yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus di DIY, mulai dari UGM, UNY, UST, UPN, Unriyo dll.

PDO yang dilaksanakan setelah para calon anggota terlibat aktif mengikuti MOCA (Masa Orientasi Calon Anggota) selama kurang lebih 2 bulan, kemudian diajak berdialog tentang 5 topik. Diantaranya, Topik Kemasyarakatan, Pendidikan, Keperempuanan, Pancasila, dan Pengantar Filsafat.

Saat berdialog para calon anggota dipandu oleh fasilitator yang berasal dari pengurus organisasi di setiap topik pendiskusian, hal ini dilakukan agar calon anggota bisa merefleksikan realitas kehidupan dan mendiskusikan pengalamannya selama aktif dalam menyelenggarakan kegiatan organisasi pada masa orientasi calon anggota. Oleh karenanya sedari awal calon anggota sudah diajak untuk belajar secara partisipatif melalui dialog dan diskusi secara aktif.

“Makna pendidikan dasar ini ialah untuk merefleksikan realitas kehidupan. Pendidikan Dasar tidak lagi diisi oleh pemateri yang menyampaikan materi dengan metode ceramah seperti di kelas-kelas. Tetapi lebih menekankan pada partisipasi calon anggota untuk berdialog. Karena setiap calon anggota sudah mengalami realitas, jadi tidak perlu lagi diajari. Namun diajak untuk merefleksikan yang sudah dialaminya, sehingga metodenya pun lebih partisipatif, dialogis dan tanpa ada lagi unsur indoktrinasi,” ujar Eko, Sekwil LMND – DIY .

Setelah mengikuti serangkaian pendiskusian di dalam PDO, para calon anggota kemudian resmi diangkat menjadi anggota LMND – DIY, dan siap terlibat aktif merumuskan dan menjalankan program perjuangan organisasi.

Penulis : Adhyna

#LMND #PDO #MOCA #Pendidikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*