Foto Samsudin Sesaat Sebelum Mendistribusikan Bantuan di Tanah Abang

LMND.or.id– Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak yang luar biasa bagi kehidupan sosial masyarakat. Banyak masyarakat kehilangan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Jutaan warga mengalami ancaman kelaparan, sehingga dalam keadaan semacam ini solidaritas dan gotong-royong kemanusiaan menjadi tindakan yang sangat penting untuk dilakukan agar keberlangsungan hidup dapat tetap terjaga.

Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) melalui “Posko LMND Peduli” yang bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Nasional membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 membagikan 250 paket makanan kepada warga miskin.

Posko LMND Peduli mendistribusikan bantuan makanan ini di tiga lokasi yaitu Tanah Abang, Jelambar dan di Rusun Rawa Buaya, Sabtu (28/05/2020).

Sekertaris “Posko LMND Peduli” Samsudin mengatakan bahwa kehidupan rakyat miskin sebelum Pandemi pun sudah mengalami kesulitan apalagi saat ini keadaan rakyat diperparah dengan adanya virus ini. Olehnya itu, lanjut dia, semangat gotong-royong dan solidaritas harus terus dikuatkan untuk membantu sesama di tengah wabah ini.

“Ditengah ketidakpastian wabah dan carut-marutnya penanganan dari pemerintah, hanya dengan semangat gotong-royong dan solidaritas kemanusiaan, kita bisa selamat dari ancaman wabah ini,” Ungkap Ando sapaan akrab Samsudin.

Dia mengungkapkan bantuan sekecil apapun yang diberikan kepada warga akan sangat berharga dan membantu bagi masyarakat. Saat ini, lanjut dia, rakyat dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit, mati karena kelaparan atau mati karena virus. Makanya, solidaritas berbagi menjadi sangat penting untuk saling melindungi dan menyelamatkan ditengah ancaman wabah ini.

Selain itu, Departemen Kajian dan Bacaan LMND ini menyampaikan selama Pandemi Posko LMND Peduli telah beberapa kali melakukan solidaritas kemanusiaan berbagi kepada masyarakat baik alat perlindungan diri untuk melindungi warga agar tidak terpapar virus maupun sembako dan makanan.

“Alhamdulillah, Posko LMND Peduli selama Pandemi ini dapat berbagi dengan masyarakat. Ada 1000 masker dan Hands Glover, Paket Sembako, dan makanan,” ungkap Samsudin.

Selanjutnya, dia mengungkapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang terlibat kerjasama dengan Posko LMND Peduli selama ini, ada Kementerian BUMN, Dapur Peduli Pangan Desa Kota, Gugus Tugas Covid-19, dan pihak-pihak lain. Dia berharap kerjasama ini akan terus berlanjut untuk membangun solidaritas kemanusiaan ditengah wabah ini, sebab masih banyak warga miskin yang belum tersentuh bantuan sama sekali.

Diakhir keterangannya, dia menghimbau kepada anggota LMND seluruh Indonesia melalui Posko LMND Peduli di wilayah masing-masing agar selalu memperhatikan keadaan masyarakat dan membantu mereka sebisa mungkin. Menurutnya, hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah memberikan sosialisasi secara masif kepada masyarakat tentang bahaya covid-19, cara penularannya, dan bagaimana mengantisipasinya.

Penulis : Bung Pram
Editor : Bung Pram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*