Foto Bung Fregi Akmal

LMND.or.id– Secara historis pada tanggal 9-11 Juli 1999 Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) organisasi progresif yang didirikan bersamaan dengan gelombang perjuangan menggulingkan rezim orde baru hingga penuntasan agenda reformasi. Yang saat ini menginjak usia ke 21 tahun, sebuah momentum sekaligus refleksi bagaimana organisasi mahasiswa mempunyai peran penting dalam perubahan terlebih bagi diri sendiri ke orang lain hingga kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Ketertarikan dan kesadaran akan pentingnya berorganisasi tumbuh sejalan dengan predikat Mahasiswa yang di dapatkan semenjak memasuki dunia perkuliahan. Walaupun di era milenial saat ini kesadaran mahasiswa akan pentingnya berorganisasi sangatlah minim. Padahal organisasi merupakan salah satu wadah pengimplementasian dari Agen Of Change dan Social Control sebagaimana hakikat fungsi mahasiwa sejatinya.

Sebagaimana arus globalisasi telah menyeret pemikiran mahasiswa, membawa paham hedonis, individualis, dan konsumerisme masuk kedalam pemikiran mereka. Bisa dikatakan ironi mahasiswa di era milenal telah mengikis dan membentuk pola pikir praktis sehingga membentuk potensi afektif yang buruk.

“Hidup adalah mengorganisir atau terorganisir maka berorganisasilah.” Sebuah kata ungkapan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya organisasi. Bersama LMND saya berjuang bersama dengan kolektifisme mengorganisir pemikiran-pemikiran yang progresif revolusioner.

Organisasi itu candu, candu yang membuat kita semakin kuat, candu yang membuat kita semakin terlatih. Namun beberapa manusia tak menemukan nikmatnya candu, Ia tak sakau akan harmonisasinya dan ia sangat merugi.

Dari organisasi pergerakan yang progresif revolusioner inilah tumbuh suburlah pemikiran-pemikiran luas, nalar kritis dan intelektualitas yang mulai terbagun seiring jalanya proses dalam meracik keilmuan, wawasan, pengalaman dan pengatahuan.

Pun pasang surut harmonisasi dan dinamika pun turut menghiasi, intrik polemik dari berbagai probelamatik organisasi dan karakteristik orang-perorangan mampu membuat diri lebih open minded terhadap berbagai perbedaan sudut pandang.

Di dalam organisasi ini revolusiku dimulai bahkan mungkin suatu saat selepas menjadi alumnipun akan terus berlanjut sebagaimana koridor organisasi pergerakan ini bejalan

“Satu Bumi Merah, Jangan Patah Sampai Sang Tiran Menyerah!”

Dirgahayu LMND! Jaya! Jaya! Jaya!
Hentikan Imperialisme!
Bangun Persatuan Nasional!
Wujudukan Pendidikan Gratis Ilmiah dan Demokratis!
Menangkan Pancasila!

Penulis : Fregi Akmal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*